Finlandia Bagian Paling Dingin di Eropa

Tidak ada kerjaan, chatting seharian, streaming film semalaman, beh mantul dah hidup saya. Kemarin juga saya sempet chatting sama temen namanya Jami. Dia tinggal di Vaasa, Finland. Finlandia ini bener-bener negara yang cakep, tempatnya atau penghuninya sama-sama  keren. Negara di Eropa bagian utara ini jadi salah satu tempat terbaik buat ngerasain musim dingin, istilahnya winter wonderland lah. Buat Indonesia atau negara tropis lainnya, pasti mustahil buat nemuin tempat-tempat ajib seperti di Finlandia berikut.



Northern Light
Cahaya ijo kaya pas Voldemort teriak avadakedavra ini emang cuma mau muncul di tempat dingin, Finlandia salah satunya. Di sini, tepatnya di sisi utara Finlandia, banyak orang yang datang ingin liat Northern Light atau Auora itu kaya apa. Saya juga tanya ke Jami, bisa tidak buat lihat aurora di kotanya. Katanya, si ijo-ijo ini cuma bisa dilihat di sisi paling utara Finlandia. Pertunjukan alam ini bisa berlangsung beberapa menit. Dalam satu tahun, ada 200 malam atau lebih tarian aurora. Syaratnya adalah pas musim dingin dan pas langit malam sedang bersih. Jadi kalau di Indonesia itu mustahil lah ya, mau sebersih apapun langit malamnya. 




Laut Beku
Indonesia punya laut yang luas buanget, tapi tidak ada tuh yang beku hehe. Finlandia itu punya musim dingin yang panjang dan gelap, sampai-sampai lautnya pun beku (bagian atasnya aja sih). Pas laut beku ini nih kegiatan berlayar tidak berhenti. Ada paket wisata yang disebut Icebreaker cruise, paket buat perjalanan tidak biasa di atas frozen sea. Finlandia punya cara menarik buat wisatawan yang mengikuti pelayaran unik ini. Kapal yang beratnya berton-ton, jalan di atas laut yang permukaannya adalah lapisan es yang tipis. Kalau cuma naik kapal mungkin bosen ya, bagaimana kalau nyemplung ke lautnya? eits gila lo! Ya, inilah yang Finlandia tawarkan. Wisatawan bisa pake baju khusus untuk kemudian masuk ke laut. Dingin kan, tidak mati beku tuh?! Katanya sih air lautnya justru lebih hangat ketimbang di permukaan esnya.



Urban culture
Lapland emang jadi andalan Filandia, tapi buat yang bisa kesana tidak ada salahnya mampir ke Helsinksi yang jadi ibu kota negara dingin ini. Cari tahu budaya di sana, kenalan sama orang lokal, atau bisa juga kecantol sama Finnish haha. Orang Finlandia itu pinter dan lebih teratur, bahkan orang -orang di negara Eropa lain jarang sekali mendengar hal-hal buruk tentang Finnish. Negara Finlandia juga keluar jadi juara pertama, negara paling bahagia di dunia tahun 2018. Indonesia sendiri masuk di peringkat 96 dari 156 negara dalam World Happiness Report oleh PBB (mending lah ya, bukan peringkat 97 haha). Negaranya bersih, orangnya teratur, dan sistem pemerintahan di sana juga bagus. Jujur saja saya iri sama Finlandia, negara republik parlementer ini punya sistem pendidikan yang bagus. Pas saya ngobrol sama Jami, dia bilang dia suka beli komputer sama laptop buat diotak-atik. Hm, padahal saya beli satu aja kudu nabung lama dulu. Katanya harga gadget di Finland itu terjangkau. Finnish memang hidup berkecukupan, hampir semuanya mampu. Kalau di kawasan Eropa sendiri, Finlandia dikenal sebagai tempat yang memiliki banyak sauna. Tidak heran sih, kan dingin tempatnya. Jami juga bilang kalau di apartemennya disediakan sauna, dan Gratis!! setiap orang bisa pesen untuk sauna.

Oh ya satu lagi, stereotype tentang Finnish itu, katanya mereka kebanyakan intorvert. Tapi dari semua yang saya dengar tentang Finlandia dan juga Finnish, damn it's sick! Love you Finnish :)

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. looking forward for your new post in 2019. :)

    ReplyDelete

Post a Comment