Masjid Termegah dan Terbesar di Dunia, Ibadah Sekalian Wisata Religi


Masjid merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Islam. Tempat suci umat muslim tersebut juga digunakan sebagai sarana untuk silaturahmi dan berkomunikasi antar jamaah. Beberapa masjid terindah di dunia dapat ditemukan dalam beberapa arsitektur megah yang kental dengan nuansa dan budaya Islam. Masjid-masjid berikut ini sangat memukau dengan tampilan luar maupun interior masjid yang menakjubkan. 

5 Masjid Termegah di Dunia


  1. 1.    Masjidil Haram di Mekah 


Masjid Al Haram atau Masjidil Haram merupakan bangunan paling suci dan penting bagi umat muslim. Terletak di Kota Mekah, Arab Saudi, Masjidil Haram memiliki luas hingga 400.800 meter persegi. Area yang sangat luas tersebut mampu menampung jutaan orang yang sedang haji atau umroh. Terdapat sebuah situs suci Islam di dalam area Masjidi Haram yaitu ka’bah. Pembangunan untuk Masjidil Haram terus dilakukan oleh pemerintah setempat untuk kenyamanan jamaah dari berbagai negara. Tidak heran jika Masjidil Haram menjadi masjid terbesar di dunia yang tidak pernah sepi selama 24 jam, Anda bisa menjalankan ibadah sambil berwisata religi di kompleks Masjidil Haram. 

  1. 2.    Masjid Dome of The Rock di Yerussalem

Yerussalem menjadi kota suci bagi beberapa agama dan salah satunya Islam. Kota yang ada di timur tengah tersebut memiliki satu bangunan penting bagi umat muslim yaitu Masjid Al-Aqsa yang menjadi tempat hijrah Nabi Muhammad SAW. Namun ada satu bangunan di Yerussalem yang begitu impresif yakni Masjid Dome of The Rock. Masjid tersebut sering disebut Masjid Al-Aqsa padahal itu adalah bangunan yang berbeda. Dome of The Rock dibangun sekitar tahun 691 dan 715 masehi pada masa Umayyah. Memilki eksterior dan interior yang berhias marmer, plakat logam, mozaik, dan kaligrafi yang menakjubkan. Kubang masjid yang berbentuk setengah bola dilapisi emas membuat Dome of The Rock menjadi salah satu masjid terindah di dunia.

  1. 3.    Masjid Sheikh Zayed Grand di Abu Dhabi

Uni Emirat Arab memang menampilkan banyak kemegahan. Banyak gedung dan bangunan yang dibuat dengan arsitektur modern yang memukau. Salah satu bangunan yang menakjubkan di negara ini adalah Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di kota Abu Dhabi. Menggabungkan arsitektur bergaya Arab, Persia, Maroko, dan Mughal. Masjid didominasi warna putih dan emas dengan interior dinding dan lantai yang dipenuhi hiasan dengan detail yang begitu baik.
  1. 4.    Masjid Qolsharif di Rusia

Kubah berwarna biru merupakan ciri khas dari Masjid Qolsharid di Rusia. Bangunan masjid terbagi menjadi dua, satu dengan kubah besar dan satunya lagi dibangun dengan sebuah kubah dan lima menara. Masjid terbesar di dunia dan termegah yang ada di Rusia ini dibangun dengan arsitektur bergaya ottoman, renaissance, dan volga bulgarian.

  1. 5.    Masjid Hassan II di Maroko

Julukan masjid terbesar ke 7 di dunia diberikan kepada Masjid Hassan II di Maroko. Tidak hanya besar, desain bangunan dari masjid ini juga sangat megah. Salah satu area masjid yakni di aula dibuat dengan lantai kaca sehingga Anda bisa melihat dasar laut. Bangunan masjid ini memang dibangun di sebuah tanjung yang menghadap ke Samudera Altlantik, pilihan tepat untuk Anda yang ingin berwisata religi. Anda bisa beribadah sekaligus menikmati arsitektur masjid yang mampu menampung 105.000 jamaah.

Demikian beberapa daftar masjid terindah di dunia yang bisa menjadi destinasi wisata religi Anda tahun ini.

Comments